komponen motherboard pada laptop

         komponen motherboard pada laptop 



Pengertian Motherboard Komputer

       Motherboard atau Mainboard komputer adalah papan/sirkuit utama pada komputer dimana pada papan tersebut terdapat perangkat-perangkat pendukung kerja komputer dan sebagai penghubung antara komponen - komponen komputer yang lain . Selain itu didalam motherboard juga terdapat chip-chip controller yang bertugas untuk mengatur lalu lintas data di dalam sistem motherboard itu sendiri.



 1. Audio Codec

      Audio Codec adalah sebuah perangkat yang mampu melakukan encoding dan decoding sebuah signal digital.Yang dimaksud signal digital tersebut adala sinyal digital audio seperti mp3, wav, wma dan acc, sedangkan signal digital video seperti mp4, 3gp, avi dan masih banyak lagi. Jika komputer kita tidak terinstall codec maka file – file audio dan video di atas tidak bisa di putar.



2. USB OTG

USB On  The Go (OTG) adalah kemampuan sebuah smartphone atau tablet untuk dapat membaca flash disk dan melakukan pertukaran file (baca, edit, transfer file). Mungkin karena karena bisa dilakukan di perangkat mobile, makanya dinamakan On-The-Go atau kalau diterjemahkan artinya: dimana saja. Fitur ini pertama kali saya ketahui ada di ponsel Symbian buatan Nokia (tipe N8 kalau tidak salah) yang menurut saya keren banget kala itu. Namun untuk saat ini sudah banyak ponsel maupun tablet Android yang memiliki fitur USB OTG.
Fungsi USB OTG
      Dengan menggunakan USB OTG, kamu bisa mentransfer data secara langsung dari flash disk (flash drive) ke Android kamu dengan sangat mudah. Selain itu, kamu juga bisa memainkan game di Android dengan menggunakan joystick gamepad.


3. Headphone


       headphone lebih sering dipasangkan dengan perangkat mobile seperti handphone, smartphone, tablet bahkan MP3/MP4 player. Di negara-negara barat bahkan asia timur nampaknya sedang booming menggunakan headphone, mendengarkan musik pun kini semakin menyenangkan dengan hadirnya berbagai design dan warna yang menarik.


4. eMMC



          eMMC adalah kepanjangan dari Embedded Multi-Media Controller, sebuah media penyimpanan yang berkecepatan tinggi dan sebagai modul controller, dimana mendia penyimpanan dan media controller itu terdapat dalam satu chip. Teknologi eMMC belum lama dikembangkan, sebelum menggunakan eMMC diperlukan controller khusus untuk membaca dan menulis data yang dikontrol dengan CPU dan di simpan dalam satu tempat sehingga kinerja CPU terkuras lebih banyak. Seiring perkembangan, kemungkinan penuhnya penyimpanan akan semakin penuh, dan ketika sudah penuh, kinerjanya sendiri akan semakin menurun, maka dari itu eMMC dikembangkan sebagai metode standar untuk building controller, artinya pengontrolan penyimpanan dilakukan oleh eMMC itu sendiri, tidak mengandalkan dari CPU lagi.

Penggunaan eMMC
    Biasanya eMMC digunakan di perangkat elektronik seperti smartpone,kamera, tablet, sistem navigasi, dan pemutar media.



5. Accelerometer

       Accelerometer adalah sebuah tranduser yang berfungsi untuk mengukur percepatan, mendeteksi dan mengukur getaran, ataupun untuk  mengukur percepatan akibat gravitasi bumi. Accelerometer juga dapat digunakan untuk mengukur getaran yang terjadi pada kendaraan, bangunan, mesin, dan juga bisa digunakan untuk mengukur getaran yang terjadi di dalam bumi, getaran mesin, jarak yang dinamis, dan kecepatan dengan ataupun tanpa pengaruh gravitasi bumi.



.        6.Power AC/DC Input 



      Power supply pada Laptop adalah sebuah perangkat yang bertujuan untuk menurunkan tegangan tinggi dari sumber listrik menjadi tegangan rendah. Selain itu power suply juga bertugas untuk mengubah listrik AC menjadi AC agar dapat digunakan oleh laptop. Walaupun laptop dapat digunakan dengan power suply langsung tanpa baterei, namun sebenarnya fungsi utama power suply adalah untuk charge baterei laptop



 7. Battery Charger



          adalah suatu alat yang berfungsi untuk mengisi battery dengan tegangan konstan hingga mencapai tegangan yang ditentukan. Bila level tegangan yang ditentukan itu telah tercapai, maka arus pengisian akan turun secara otomatis sesuai dengan settingan dan menahan arus pengisian hingga menjadi lebih lambat sehingga indikator menyala menandakan battery telah terisi penuh. port untuk mencharge battery. Setiap komputer laptop memiliki baterai yang memberikan catu daya ke laptop ketika tidak tersambung ke steker-melalui AC/DC power adaptor. Baterai laptop ada dalam berbagai bentuk dan spesifikasi model. Daya tahan baterai laptop tergantung pada berbagai kondisi dan keadaan misalnya: pengaturan kecerahan layar, intensitas program berjalan, suhu lingkungan kerja, dll. 

       Baterai yang sama bisa bertahan lebih lama di laptop yang sama jika Anda mengoptimalkan pengaturan penggunaan daya pada panel kontrol. 


 8. CMOS battery also known as RTC battery



             Setiap komputer laptop memiliki baterai CMOS juga dikenal sebagai RTC baterai. Baterai CMOS terhubung langsung ke sistem board laptop dan membantu untuk mempertahankan pengaturan penting BIOS seperti sistem waktu, tanggal, konfigurasi BIOS walaupun laptop dimatikan atau bahkan ketika baterai utama dikeluarkan. Baterai CMOS dapat diisi ulang dan proses isi ulang ini terjadi pada saat laptop dicolokkan ke listrik. Baterai CMOS dipasaran ada dalam berbagai bentuk ukuran. Pada gambar di bawah Anda melihat sel baterai CMOS. Baterai CMOS ini dapat dilepas dan diganti. 




 9. System On Chip



           Dunia saat ini memang jauh berbeda dengan tahun 90-an. Perkembangan teknologi perangkat mobile kian pesat. Salah satu komponen penting yang menopang perkembangan itu adalah System on Chip.

        Dalam bahasa sederhana, SoC bisa dibilang sebagai otak dari tablet atau ponsel pintar yang Anda gunakan. Seperti otak manusia yang terdiri-dari beberapa bagian dengan fungsi berbeda-beda, SoC juga memiliki bagian tersendiri, yaitu prosesor, blok memori seperti RAM dan ROM, chipset grafis, modem serta berbagai komponen lain yang mengatur pemrosesan data.





 10. Memory RAM 





Sebuah memori laptop/tablet yang juga dikenal sebagai RAM (Random-access memory) adalah penyimpanan data sementara. Ketika Anda mematikan laptop, semua informasi yang tersimpan dalam sebuah modul RAM akan hilang. Lebih banyak Memori yang diinstal ke laptop akan memberi Anda kinerja (lebih cepat) lebih baik. Anda dapat menguji memori laptop dengan alat diagnostik gratis yang disebut Memtest86+. Jenis memori yang digunakan dalam komputer laptop disebut SO-DIMM (Small Outline Dual In-line Memory Module). 




 11 Speaker



          Setiap laptop mempunyai bagian untuk menampilkan suara. Pada kebanyakan laptop papan audio juga tahu sebagai papan suara terintegrasi ke dalam motherboard. Dengan kata lain, merupakan bagian dari motherboard dan tidak dapat dibuka atau diganti secara terpisah. Mengapa tidak dapat dihapus ? Karena chip audio disolder ke motherboard. 




 12. Microphone



       Microphone atau Mikrofon merupakan komponen penting dalam perangkat Elektronik seperti alat bantu pendengaran, perekam suara, penyiaran Radio maupun alat komunikasi lainnya seperti Handphone, Telepon, Interkom, Walkie Talkie serta Home Entertainment seperti Karaoke. Pada dasarnya sinyal listrik yang dihasilkan Microphone sangatlah rendah, oleh karena itu diperlukan penguat sinyal yang biasanya disebut dengan Amplifier. Untuk mengenal lebih jauh dengan Microphone yang hampir setiap hari kita gunakan ini. Berikut ini adalah penjelasan cara kerja microphone (mikrofon) secara singkat :
  1. Saat kita berbicara, suara kita akan membentuk gelombang suara dan menuju ke Microphone.
  2. Dalam Microphone, Gelombang suara tersebut akan menabrak diafragma (diaphragm) yang terdiri dari membran plastik yang sangat tipis. Diafragma akan bergetar sesuai dengan gelombang suara yang diterimanya.
  3. Sebuah Coil atau kumpuran kawat (Voice Coil) yang terdapat di bagian belakang diafragma akan ikut bergetar sesuai dengan getaran diafragma.




 13.  USB  A



CARA KERJA USB A
         Universal Serial Bus (USB): Sebuah bus I/O (input/output) yang dapat mentransfer data hingga12megabitperdetik.Selamat tinggal port paralel dan serial yang lamban, kini jamannya Universal Serial Bus (USB). Lebih cepat, lebih kuat dan dan lebih fleksibel serta benar-benar berazaskan Plug and Play bukan lagi Plug and Pray. Bahkan USB versi 2.0 yang baru saja dikeluarkan mampu memberikan tingkat kinerja dan kecepatan yang sebanding dengan bus kecepatan-tinggi semacam IEEE 1394. Beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang USB:

          1) Lebih cepat dibanding port paralel atau serial dengan kecepatan transfer hingga                12 mbps
           2) Dapat mengkoneksikan hingga 127 periferal

           3) Tidak cocok untuk periferal dengan bandwith tinggi
           4) Membutuhkan Windows 98 ke atas untuk kompatibilitas secara penuh

Transfer data pada USB dikirim dalam bentuk paket, sementara port paralel dan serial mentransfernya dalam bentuk bit individual. Sebagai contoh, bila Anda ingin menyimpan sebuah file pada sebuah drive Zip USB, pertama-tama PC akan memotong-motong file tersebut menjadi potongan-potongan sebesar 64-byte--setiap potongan menyertakan informasi pengalamatan dan data itu sendiri--dan kemudian mengirimkan potongan tersebut.
Kecepatan transfer USB melampaui kecepatan transfer port paralel dan serial karena telah menyempurnakan proses transfer tersebut: Kabel USB mengurangi derau dan distorsi selama data dikirim, sehingga data dapat diterima dengan sedikit kesalahan.




 14. LCD Power Supply



      Dalam LCD memantau power supply, kapasitor sesekali akan pergi buruk. Hal ini menyebabkan mereka bocor dan menonjol keluar dan catu daya tidak akan mampu memberikan kekuatan untuk monitor, menyebabkan ia bahkan tidak menyala. Jadi ya, ini cukup masalah jika Anda ingin monitor untuk bekerja.
Power-suply LCD layar besar umumnya seperti terlihat pada contoh blok diagram dibawah. Terdiri dari 3 bagian utama, yaitu : 

  1. PFC (Power Factor Correction) - NCP1606, FET, Tranfo PFC, Diode, Elko besar 450v
  2. Power suply utama - NCP1392, 2 buah FET & Tranfo switching
  3. Power suply stand-by – NCP1351, FET & Tranfo switching
           Sebelum mendalami kerja bagian-bagian power-suply, maka ada beberapa point yang perlu dipahami terlebih dahulu : 
  
PFC : 
  • ·         Terdiri dari ic PFC kontrol, FET, tranfo PFC, diode, dan elko besar 450v.
  • ·         Disini dari diode bridge tidak langsung disambung ke elko besar, tetapi masuk terlebih      dahulu ke tranfo PFC.
  • ·         PFC bekerja merubah tegangan dc 300v menjadi tegangan dc 390v pada elko besar.
  • ·         Pada saat st-by PFC belum bekerja. Maka tegangan pada elko besar hanya 300v.
  • ·         PFC baru bekerja setelah “power-on” sehingga tegangan pada elko besar berubah naik menjadi 390v.
  • ·         Suply Vcc untuk ic kontrol PFC diberikan dari tranfo st-by lewat “transistor bias” yang dikontrol on-off lewat photo-coupler “start st-by” oleh bagian mikrokontrol yang terdapat pada mother-board.

  
Power suply st-by : 
  • ·         Dalam contoh gambar terdiri dari ic SMPS PWM kontrol, FET dan tranfo switching.
  • ·         Kadang untuk st-by digunakan ic tunggal seperti jenis STR
  • ·         Berfungsi untuk memberikan tegangan st-by (5v) untuk bagian mikrokontrol mother-board

  
Power suply-utama : 
  • ·         Terdiri dari ic jenis resonant konverter, 2 buah FET, dan tranfo switching.
  • ·         Pada saat st-by power suply-utama belum bekerja.
  • ·         Dikontrol on-off oleh bagian mikrokontrol yang terdapat dalam mother-board.
  • ·         Jika PFC gagal berfungsi (tegangan elko besar gagal naik menjadi 390v), maka power-suply utama juga tidak mau bekerja (walaupun power sudah “on”)
  • ·         Berfungsi untuk memberikan suply pada bagian Inverter dan bagian-bagian lain pada mother-board seperti Panel, Audio amplifier dll (misal tegangan 12v dan 24v)
  • ·         Sama seperti bagian PFC - Suply Vcc untuk ic kontrol PFC diberikan dari tranfo st-by lewat “transistor bias” yang dikontrol on-off lewat photo-coupler “start st-by”





 15. +3.3VSUS Power Supply





           Cara kerja +3.3VSUS Power Supply Untuk port video page tegangan diatas 3.3V
sering disebut dengan power good, dimana jika sobat tekan tombol power pada casing komputer maka power supply akan mengecek semua komponen hardware komputer apakah semua sudah normal atau belum (sebelum system start). Jika semua sudah siap maka power supply akan mengirim sinyal kepada motherboard.

        Dari penjelasan diatas sebenarnya masih ada yang perlu sobat ketahui. Dimana power supply juga mempunyai jenis jenis konektor power supply. disitu sobat bisa mengetahui apa saja konektor yang dimiliki oleh power supply salah satunya adalah konektor 20/24 pin ATX MOTHERBOARD.





 16. USB OTG Charger


      USB OTG memungkinkan perangkat yang memiliki port USB seperti pemutar audio digital atau ponsel untuk bertindak sebagai HOST, yang memungkinkan perangkat USB lainnya seperti USB flashdrive, mouse, atau keyboard dapat terpasang kepada mereka. Tidak seperti sistem USB konvensional, USB OTG dapat bertindak sebagai perangkat USB normal ketika terpasang ke host lain. Hal ini dapat digunakan untuk memungkinkan ponsel untuk bertindak host untuk flashdrive dan membaca isinya, men-download musik misalnya, tapi kemudian bertindak sebagai flash drive ketika terhubung ke komputer host dan memungkinkan host untuk membacakan isi baru .

        Singkatnya, dengan fitur USB On The Go ini, smartphone/tablet anda bisa melakukan kegiatan layaknya USB pada laptop atau PC Desktop yang dapat di colokin flashdisk.
Jadi secara lebih singkat dengan USB OTG sebuah ponsel pintar android dapat membaca data dari sebuah flashdisk atau ponsel androidnya dapat di colokin flashdisk layaknya PC tentu dengan bantuan kabel USB OTG.



 17. VCORE Power Supply


     Tegangan core CPU (VCore) adalah tegangan listrik dipasok ke CPU (yang merupakan rangkaian digital), GPU, atau perangkat lain yang mengandung inti pengolahan. Jumlah daya CPU menggunakan, dan dengan demikian jumlah panas itu menghilang, adalah produk dari tegangan ini dan saat ini ia menarik. Di CPU modern, yang dibuat menggunakan CMOS, saat ini hampir sebanding dengan kecepatan clock, CPU menggambar hampir tidak ada saat ini.

 Fungsi VCORE power supply
1.    Sebagai alat charger 
         Solusi : 
Setting voltage power supply sesuai dengan voltage out put TC ( Travel Charger ).
Colokkan kabel TC power supply pada hand phone

2.    Sebagai alat kejut batrei
      Solusi : 
Setting voltage power supply ke 12V kemudian matikan.
Colokkan kabel ( + ) PS pada ( + ) batrei, kabel ( - ) PS pada ( - ) batrei.
Hidupkan power supply, maka proses pengejutan batrei berlangsung dan tunggu sampai turun dua setrip
3.    Sebagai pengganti tegangan voltage 
    Untuk menganalisa kerusakan hand phone melalui test point diperlukan tegangan batrei. Sebagai pengganti tegangan batrei tersebut kita bias menggunakan power supply. 
         Solusi : 
Jumper parallel mesin / PCB bagian ( BSI, Btem dan - ) dan beri kabel sebagai tempat colokan pada Vbatt.
Setting voltage power supply sesuai tegangan batrei. Matikan dan colokkan kabel merah pada ( + ) dan hitam pada ( - )
Hidupkan power supply dan tekan switch on/off hand phone

4.    Sebagai analisa kerusakan hend phone

Pada posisi hand phone normal, apabila kita uji menggunakan power supply maka tegangan yang dihasilkan akan menunjukkan nilai tegangan yang naik turun antara 0,15 sampai dengan 0,2 





1   18. USB ULPI I/F



        Prinsip kerja USB ULPI (Universal Serial Bus) Bus itu sendiri memiliki koneksi yang biasa disebut koneksi “host/slave“, yang artinya PC yang mengelola semua transfer dan periferal hanya dapat meresponnya. Sebuah pengontrol host USB pada PC–biasanya terintegrasi pada chipset motherboard generasi terbaru–mengatur semua pengiriman dan penerimaan data antara PC dan perangkat eksternal. Sebuah kabel berisi empat buah kawat menghubungkan periferal ke PC melalui port USB yang terdapat pada keduanya. Di dalam kabel tersebut, dua kawat akan menangani transmisi data, sebuah lagi menangani ground dan sebuah lagi memasok daya sebesar lima volt ke periferal.

         Transfer data pada USB dikirim dalam bentuk paket, sementara port paralel dan serial mentransfernya dalam bentuk bit individual. Sebagai contoh, bila Anda ingin menyimpan sebuah file pada sebuah drive Zip USB, pertama-tama PC akan memotong-motong file tersebut menjadi potongan-potongan sebesar 64-byte–setiap potongan menyertakan informasi pengalamatan dan data itu sendiri–dan kemudian mengirimkan potongan tersebut ke port USB.








  19. +1.5V Power Supply



 Cara kerjanya.
  • -. Ketika menghubungkan Baterai Ke masukan pin 2, Yang mungkin menjadi salat Satu Baterai (tegangan 1,1 volt -1.5) atau 2 buah (tekanan 2,3-3 volt) . PADA sirkuit tegangan rendah dimulai INI sirkuit tegangan rendah dimulai, umpan Balik tegangan Bias untuk transistor Dalam, sirkuit Terpadu. INI berarti bahwa hubungan Pendek, L1 terhubung Ke pin 6 Ke Tanah, sehingga terjadi penumpukan energi Dalam, bentuk medan magnet FUNDS SAAT inisial di L1 MENINGKAT sampai par value maksimumnya sekitar 1 amp.
  • -. IC sirkuit internal yang Akan ulang SENDIRI Akibatnya, transistor berhenti (Rangkaian Terbuka), sehingga tidak ADA Arus, medan magnet Dalam, kumparan L1 Akan Runtuh. Induksi Arus Yang mengalir Ke PADA pin 6, menyebabkan peningkatan tekanan Dalam, IC menjadi 9 volt keluar Ke pin 8 (output pin)





 20. Camera 




    Camera pada komponen ini berfungsi untuk mengambil gambar .Kebanyakan Laptop/tablet yang paling baru dilengkapi dengan kamera web built-in yang juga dikenal sebagai webcam. Kamera web terletak di bagian atas panel layar. Beberapa orang berpikir kamera web adalah bagian dari layar LCD tapi sebenarnya tidak. Kamera web adalah modul terpisah yang dipasang di dalam panel tampilan di atas layar LCD. 







 21. Blacklight Power Supply



          Backlight power supply diatur oleh Backlight Brightness register (8-bit). hanya atas 4 bit dari register ini digunakan – lebih rendah 12 bit tidak terdefinisi, dan harus diabaikan. Backlight Brightness register digunakan untuk mengatur siklus untuk power supply itu sendiri. Sebuah nilai 00H sesuai dengan siklus tugas dari 0% (sepenuhnya off), sedangkan nilai dari 0Fh sesuai dengan siklus tugas dari 100%. nilai interim dapat digunakan untuk mengatur tingkat tertentu.Kadang kita ingin mengetahui apakah Backlight normal atau tidak. Artinya Backlight Inverter kerja dan lampu backlight dapat menyala.




 22. +1.2V Power Supply




        Uppwd v2.5 kebawah menggunakan tegangan Vcore =1.8 v.IC jenis Adjustable Voltage Regulator adalah jenis IC Pengatur Tegangan DC yang memiliki range Tegangan Output tertentu sehingga dapat disesuaikan kebutuhan Rangkaiannya. IC Adjustable Voltage Regulator ini juga memiliki 2 jenis yaitu  Positive Adjustable Voltage Regulator dan Negative Adjustable Voltage Regulator. Contoh IC jenis Positive Adjustable Voltage Regulator diantaranya adalah LM317 yang memiliki range atau rentang tegangan dari 1.2 Volt DC sampai pada 37 Volt DC. Sedangkan contoh IC jenis Negative Adjustable Voltage Regulator adalah LM337 yang memiliki Range atau Jangkauan Tegangan yang sama dengan LM317. Pada dasarnya desain, konstruksi dan cara kerja pada kedua jenis IC Adjustable Voltage Regulator adalah sama. Yang membedakannya adalah Polaritas pada Output Tegangan DC-nya.



 23. +5V  Power Supply



     Komponen yang digunakan pada power supply 5 volt tersebut di atas adalah sebagai berikut :

Untuk port video page tegangan diatas 5V
1. Trafo Step Down
2. Dioda Bridge (Kumprok) | bisa juga menggunakan 4 buah dioda biasa
3. Kapasitor 1000 uF | Semakin besar nilai semakin bagus
4. Resistor 4,7 Kohm
5. Transistor 3904 | bisa juga transistor yang lain sesuai kebutuhan
6.  Dioda Zener 5 Volt

       Bila anda ingin mendapatkan tegangan supply yang lebih besar dari 5 volt maka anda tinggal mengganti dioda zener tersebut sesuai kebutuhan dan menggunakan tegangan ac keluarran trafo yang sedikit lebih besar. Misalnya untuk menggunakan dioda zener 9 volt anda bisa menggunakan tegangan ac 12 volt. Lihat juga prinsip kerja penyearah, rangkaian power supply sederhana dan power supply dengan trafo CT.










 24+3.3V Power Supply




     Untuk port video page tegangan diatas 3.3V ,Catatan : mengukur tegangan power supply dengan menggunakan Multimeter ini dengan asumsi bahwa anda sudah menguasai cara mengukur tegangan dengan Multimeter.

     Tegangan dari konektor power utama (20 pin ATX atau 24 pin BTX) juga dapat diukur untuk memastikan outputnya. Perhatikan saja titik plus dan minus (ground) untuk pengukuran tersebut.

      Hasil output yang didapat pada multimeter mungkin tidak persis atau mutlak 3.3/5/12 volt. Tegangan ini dapat bertoleransi turun-naik sekitar 5 %, misalnya 5.1 Volt, 11.8 Volt dan sebagainya. Namun bila jaraknya terlalu jauh, bisa dikatakan output dari PSU tersebut sudah tidak stabil dan dapat menyebabkan PC bermasalah, seperti cepat panas atau tidak stabil.





 25+1.8V Power Supply



          Dalam sebuah ponsel agar bisa hidup, ada beberapa tegangan kerja yang HARUS dan MUTLAK terpenuhi. Sebagai contoh Tegangan Kerja Ponsel yaitu VIO. Tegangan VIO mempunyai tegangan sebesar 1,8 dan tegangan sebesar 1,8 volt tersebut Harus dan Mutlak terpenuhi .seiring meingkatnya kompleksitas dan kecepatan memproses data bertambah cepat, tak dapat dielakan sebuah konsikuensi bahwa supply voltage akan turun dari 5V ke 3.3V, atau bahkan 1.8V untuk sebuah perangkat yang masuk kategori high density atau mempunyai jumlah rangkaian transistor yang sangat banyak. Sebuah tantangan ketika ada beberapa rangkaian yang masih beroperasi pada 5V. Ini berarti, sebagai seorang designer harus mencari akal agar dapat mengghubungkan kinerja antara perangkat dengan level kerja 3.3V dan 5V. Selanjutnya, tidak hanya mengubah voltase untuk voltase logika digital saja, akan tetapi memberi tegangan supply pada system 3.3V dan mengubah signal analog dari 3.3V/5V.

        Misal kita mempunyai sebuah power supply yang stabil 5V dan akan memanfaatkannya untuk membuat power supply 3.3V. Sebuah disain dengan kebutuhan konsumsi arus yang kecil atau biasa-biasa saja hanya akan membutuhkan rangkaian linear regulator sederhana. Sebuah rangkaian yang mempunyai kebutuhan arus lebih besar akan memerlukan switching regulator sebagai solusinya. Jika memperhatikan harga mungkin bisa menggunakan discrete diode regulator.




 26WLAN



           Adalah untuk menjangkau wilayah LAN yang sulit dicapai dengan kabel tembaga biasa (copper wire), juga untuk menjangkau pengguna bergerak (mobile-users). Ada empat komponen utama dalam membangun jaringan WLAN ini. Berfungsi untuk memasukkan kabel WLAN +3.3V pada motherboard.

          Wireless LAN atau WLAN adalah sebuah sistem komunikasi data yang fleksibel yang dapat diaplikasikan sebagai alternatif pengganti dari LAN kabel. Cara kerja dari wireless lan ini yaitu dengan menganti kabel lan dengan mengunakan gelombang elektromagnetik menggunakan frekuensi radio atau inframerah. WLAN mempunyai dua entitas yaitu klien dan access point. Klien dilengkapi dengan media frekuensi radio untuk berkomunikasi dengan perangkat lainya. Dan access point merupakat router seperti jadringan pada kabel LAN     

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Troubleshooting Keyboard Laptop

Perangkat Keras Jaringan